Direktorat
Teknologi dan Sistem Informasi
Universitas Padjadjaran

PAuS ID

  1. Pendahuluan
  2. Registrasi
  3. Validasi

Pendahuluan

Padjadjaran Authentication System atau yang disebut PAuS adalah sebuah sistem otentikasi dengan teknologi Single Sign-on (atau biasa disebut SSO) dengan menggunakan protokol OAuth 2.0 untuk mengizinkan pengguna menggunakan berbagai layanan di Universitas Padjadjaran dengan menggunakan satu akun pengguna saja yang disebut dengan PAuS Name.

Untuk mendapatkan akun PAuS ID, Civitas dapat melakukan registrasi secara online pada laman website https://paus.unpad.ac.id.

Registrasi akun PAuS ID dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  1. Staff
  2. Mahasiswa
  3. Dosen
  4. Tamu

Registrasi

Akses halaman https://paus.unpad.ac.id

Tekan tombol “Registrasi” untuk mendaftar akun PAuS ID

Pilih Menu Registrasi untuk Staff dan tekan link pilihan pertama, untuk Dosen tekan link pilihan kedua

Masukkan nama lengkap pada menu registrasi awal tanpa menggunakan gelar

Tekan Tombol “Lanjut”

Silahkan isi tanggal lahir, tahun masuk, jenis kelamin, NIP, PAuS Name, password, konfirmasi password, captcha

Pilih format PAuS Name yang telah disediakan, pilih yang berwarna hijau, yang bertanda merah maka PAuS Name sudah digunakan

Tekan tombol "daftar" jika semua kolom sudah terisi

Proses pengisian formulir registrasi akun PAuS ID sudah selesai

Validasi

Akses kembali halaman https://paus.unpad.ac.id

Masukkan username dan password yang sudah dibuat beserta kode captcha kemudian tekan tombol “Sign in”

Tampilan halaman dashboard PAuS ID

Pilih Menu “Validasi” untuk memulai proses validasi

Proses validasi pertama adalah nomor handphone yang aktif

Pilih menu isi nomor Handphone

Silahkan isi nomor handphone yang aktif

Jika sudah di isi dan di simpan, Tekan tombol “Kirim Kode Konfirmasi” untuk mendapatkan kode konfirmasi melalui handphone

Silahkan masukkan nomor handphone yang didaftarkan & kode konfirmasi yang didapatkan dari sms ke halaman https://pintu.unpad.ac.id/confirm

Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut

Proses validasi kedua adalah email aktif non Unpad

Pilih menu “Alamat Email “, silahkan isi alamat email dan kemudian tekan tombol “Simpan”

Silahkan isi alamat email non unpad yang aktif

Tekan tombol “Kirim Kode Konfirmasi” untuk mendapatkan kode konfirmasi melalui alamat email

Silahkan masukkan Alamat Email yang didaftarkan & kode konfirmasi yang didapatkan di inbox ke halaman https://pintu.unpad.ac.id/confirm

Proses validasi ketiga adalah identitas diri

Pilih menu “Dokumen Identitas Diri” untuk mengunggah KTP

Tekan “Unggah Dokumen”

Tampilan setelah mengunggah dokumen

Proses validasi keempat adalah identitas civitas akademika

Pilih menu “Dokumen Civitas Akademika” untuk mengunggah KarPeg/SK

Tekan “Unggah Dokumen”

Tampilan setelah menggungah dokumen civitas

Jika akun PAuS ID sudah diverifikasi, akan ada notifikasi yang dikirimkan ke laman akun PAuS ID masing masing pengguna dan akun sudah dapat digunakan untuk mendapatkan layanan yang telah disediakan

Proses validasi akun PAuS ID telah selasai, akun beserta dokumen yang sudah di unggah akan di verifikasi oleh Operator Verifikasi PAuS ID sesuai waktu yang sudah ditetapkan, yaitu selama 7 hari setelah proses validasi, jika sampai batas waktu yang sudah ditetapkan maka akun akan dihapus

Aktivasi PINTAS

  1. Panduan Aktivasi PINTAS (Padjadjaran Internet Access) (lihat pdf)

Email

  1. Pendahuluan
  2. Aktivasi Email Mahasiswa

Pendahuluan

Universitas Padjadjaran menyediakan layanan email berbasis Google App for Education (GAFE) bagi seluruh sivitas akademika Unpad. Email tersebut memiliki domain "@unpad.ac.id" dan “@mail.unpad.ac.id”.

Aktivasi Email Mahasiswa

Berikut adalah cara mengaktifkan layanan email mahasiswa dengan domain "@mail.unpad.ac.id"

1. Log in ke http://pintu.unpad.ac.id menggunakan PAuS ID

2. Izinkan aplikasi Pintu untuk mengakses data Anda

3. Klik tombol “Tidak Aktif” berwarna merah yang ada di sebelah kanan atas

4. Ketik kembali password PAuS ID

5. Klik lanjutkan untuk pembuatan akun email

6. Anda akan dialihkan ke laman konfirmasi. Apabila Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan, klik tombol “I accept. Continue to my account”

7. Setelah itu, akan ditampilkan laman inbox dari akun email Anda. Akun email Unpad Anda telah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan

Selain email, tentunya Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google lainnya yang ada di lingkungan GAFE, seperti Drive, Docs, atau Calendar.

Apabila mengalami kesulitan, harap menghubungi Layanan Terpadu Universitas Padjadjaran atau mengirimkan email ke studentsupport[at]unpad.ac.id.

Hosting

  1. Syarat dan Ketentuan
  2. Kebijakan Penggunaan Layanan Hosting dan Blog
  3. Kebijakan Privasi
  4. Perjanjian Layanan Hosting
  5. Perjanjian Umum
  6. Fitur
  7. FAQ

About

Selamat datang pada website IT policy & Knowledge base DTSI, Laman ini dibuat untuk menyediakan layanan informasi berkaitan dengan kebijakan, perjanjian dan aturan-aturan terutama dalam menggunakan layanan Hosting.

Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi mendapatkan tugas strategis untuk menjadi lini terdepan dalam dukungan penyediaan Teknologi dan Sistem Informasi untuk mendukung pengelolaan pendidikan dan tata kelola organisasi di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Pengguna dianggap telah memenuhi syarat untuk menyetujui perjanjian ini.

Download Surat Permohonan dan Perjanjian Hosting

Syarat dan Ketentuan

Penjelasan Umum

Layanan hosting website yang dikelola oleh Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi Universitas Padjadjaran disediakan untuk tujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia maupun Internasional. Penyaluran, penyimpanan, maupun penyajian informasi dari segala jenis data yang melanggar hukum yang berlaku adalah dilarang keras.

Definisi

Layanan Hosting

Layanan penyediaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses melalui jaringan Internet. Data dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Layanan Blogs

Blog Unpad merupakan tempat untuk membagikan ide Anda baik berupa teks atau media lainnya juga dapat digunakan untuk menyimpan berkas akademik seperti silabus mata kuliah atau pengumuman lainnya bagi mahasiswa. Informasi lengkap kunjungi laman blogs.unpad.ac.id

Migrasi

Yang dimaksud migrasi di sini adalah perpindahan data dari sebuah server layanan hosting ke server layanan hosting lainnya. layanan dapat berupa shared hosting atau server dedicated

Persyaratan Pendaftaran

Layanan hosting website tersedia untuk :

  1. Fakultas
  2. Sekolah
  3. Departemen
  4. Program Studi
  5. Laboratorium / Studio
  6. Pusat Studi
  7. Pusat Penelititan
  8. Unit Pelaksana Teknis
  9. Dosen
  10. Organisasi Mahasiswa
  11. Kegiatan resmi yang disetujui oleh pimpinan Universitas Padjadjaran

1. Mengajukan Permohonan Resmi

Mengajukan surat permohonan kepada Direktur Teknologi dan Sistem Informasi, yang diketahui oleh Dekan Fakultas bagi unit pengusul yang berada di lingkungan Fakultas (Jurusan, Departemen, Program Studi, Laboratorium, Organisasi mahasiswa seperti himpunan mahasiswa, BEM, BPM, dll) atau Pimpinan terkait (Direktur, Kepala Biro, Kepala Bagian), untuk unit pengusul yang berada di lingkungan Universitas.

2. Menunjuk Penanggung Jawab Serta Operator Pengelola Situs

Setiap permintaan layanan hosting, unit pengusul harus menunjuk Penanggung Jawab serta Operator pengelola Situs untuk memudahkan di kemudian hari.

3. Menyiapkan Website serta Materi/Konten

Website serta Materi/Konten web telah disiapkan sebelumnya oleh unit pengusul sebelum melakukan pengajuan layanan hosting. Unit Pengusul dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan tim Webiste Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi sebelum unit pengusul menyiapkan/membangun Website untuk memudahkan proses hosting serta mengurangi kendala teknis yang kemungkinan dapat terjadi.

4. Mengisi dan Mentandatangi Perjanjian Kontrak Layanan Hosting

Mengisi dan melengkapi seluruh informasi yang diminta serta menandatangani Formulir permintaan Layanan Hosting. Formulir dapat didownload disini. Formulir dapat dilampirkan beserta surat Permohonan Pengajuan Resmi (point 1), atau mengirimkannya melalui email dengan menyertakan kembali scan digital Surat Permohonan Pengajuan Resmi ke : support@unpad.ac.id. Dengan mengisi serta menandatangani formulir tersebut, pengguna layanan menyetujui serta bersedia tunduk terhadap segala bentuk aturan yang ditetapkan oleh Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi.

Prosedur Permohonan

Diskusi Dengan Pihak Direktorat Teknologi Dan Sistem Informasi

Sebelum melakukan permohonan pembuatan layanan hosting, kami menyarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan tim Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi dengan maksud untuk membantu memberikan pengetahuan ataupun konsultasi seputar hosting dan permasalahan-permasalah yang akan timbul di kemudian hari.

Download Form Layanan Hosting

Pengguna layanan menyatakan tunduk terhadap segala bentuk aturan yang ditetapkan oleh Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi sekarang dan dikemudian hari.

Kirim Form Layanan Hosting

Pergiriman dokumen perjanjian pengguna layanan hosting beserta dokumen pendukung, silahkan email ke support di support@unpad.ac.id . Permohonan Hosting pertama melakukan permohonan. Karena permohonan penamaan Hosting dianggap penting dan harus melalui proses pengecekan teknis sesuai standarisasi Universitas Padjadjaran maka kurang lebih pengerjaan permohonan memakan waktu maksimal 2 hari kerja

Ketentuan Penamaan Domain

Permohonan dari unit yang bersangkutan merupakan layanan pendidikan atau departemen yang berperan penting dalam bagian Universitas Padjadjaran.

Penamaan domain sebaiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Penamaan domain harus unik, spesifik dan merepresentasikan nama unit/lembaga/organisasi/layanan, dapat berupa kata atau singkatan (contoh: kerjasama, internasional, fh,fe,ftip,fisip,dll) serta nama tidak boleh menggunakan kata yang sama dengan unit lain.
  2. Unit/lembaga/organisasi/layanan yang berada di lingkungan Fakultas, harus berada di sub domain fakultas masing-masing (contoh : xxxxx.faperta.unpad.ac.id), sedangkan untuk unit/lembaga/organisasi/layanan yang langsung berada di bawah Universitas dapat mempergunakan sub domain Unpad secara langsung (contoh : xxxx.unpad.ac.id)
  3. Penamaan Domain tidak mengandung kata yang berpotensial melanggar SARA serta hak cipta
  4. Penamaan URL acara/event tahunan, tidak mencantumkan tahun pada alamat domain yang diajukan. Contoh: pilrek.unpad.ac.id, bukan pilrek2015.unpad.ac.id.
  5. Permohonan nama domain yang mengandung nama pribadi atau publikasi tulisan, portofolio, dokumentasi akademik dan blog tugas maka akan diarahkan domainnya ke alamat blogs.unpad.ac.id/namadomain . Informasi lengkap kunjungi laman blogs.unpad.ac.id

Ketentuan Penggunaan Layanan

Kebijakan Penggunaan

Informasi menjelaskan kegiatan dan aktifitas yang boleh serta tidak diperbolehkan pada layanan hosting yang harus disetujui dan ditandatangan saat akan menggunakan layanan. informasi lebih lanjut tertulis pada halaman Kebijakan penggunaan layanan hosting dan blog

Pertimbangan Permohonan Pembuatan Hosting

Direkur Teknologi dan Sistem Informasi, Kepala bagian, kepala sub bagian, berhak mempertimbangkan untuk mengabulkan atau menolak permohonan pembuatan hosting sesuai dengan aturan dan kebijakan yang berlaku.

Pembatalan, Penundaan, dan Berakhirnya Pemberian Layanan

Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi berhak melakukan pembatalan, penundaan dan penon-aktifan layanan hosting pada Website yang terdeteksi dapat menganggu sistem hosting atau website yang tidak aktif, tidak dilakukan update serta tidak dipelihara lebih dari 2 (dua) bulan.

Aktivasi Ulang Layanan Hosting

Layanan hosting yang di non-aktifkan dapat dipertimbangkan untuk kembali diaktifkan dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan secara resmi kepada Direktur Teknologi dan Sistem Informasi. Direktur Teknologi dan Sistem Informasi berhak untuk mengabulkan atau menolak permohonan tersebut dalam kaitannya dengan pertimbangan keamanan.

Biaya

Pembuatan hosting di Universitas Padjadjaran tidak dikenakan biaya

Ketentuan Penggunaan Layanan

Ketentuan Pengguna Server Hosting Lama

Bagi yang sudah menggunakan layanan hosting UNPAD sebelumnya maka mulai pada bulan mei 2016, akan dilakukan migrasi dan peningkatan kapasitas server dimana pengguna layanan server hosting unpad lama akan dilakukan proses migrasi file dan database ke server hosting yang baru.

Informasi fitur baru pada server hosting unpad pada halaman Fitur

Prosedur Migrasi Server

Untuk proses migrasi server hosting lama ke server hosting baru, pihak DTSI akan memberitahukan terlebih dahulu melalui email dan sms ke penanggung jawab dan operator website, adapun prosedur untuk pengguna server hosting lama sebagai berikut :

  1. Penanggung jawab atau operator website untuk berkoordinasi dengan tim hosting DTSI untuk penjadwalan waktu migrasi, pembuatan akun cPanel dan informasi lainnya terkait website yang akan migrasikan melalui email support@unpad.ac.id
  2. Bagi penanggung jawab atau operator website yang membutuhkan layanan bantuan memindahkan data silahkan mengubungi Tim Hosting UNPAD untuk koordinasi penjadwalan waktu bantuan migrasi hosting melalui email support@unpad.ac.id
  3. Proses migrasi, memakan waktu 1 jam hingga beberapa jam, tergantung banyaknya file dan database yang dimigrasikan, Selama proses migrasi website pada server hosting lama tidak bisa diakses.
  4. Tim Hosting DTSI akan mengupdate data DNS Anda agar mengarah ke IP server baru
  5. Anda akan menerima konfirmasi via email jika proses migrasi telah selesai.

Ketentuan Lainnya

Pengelolaan Sumberdaya Server Secara Mandiri Diluar Layanan DTSI

Apabila fakultas punya fasilitas server sendiri dan hanya mengajukan domain agar bisa diakses di internet, silahkan membaca Persyaratan Pendafaran pada poin 1,2,4

File

Layanan Hosting disediakan untuk menampilkan halaman Website profile dengan maksimal kapasitas 300 MB, bukan sebagai website penyedia layanan download untuk mendistribusikan file.

Penggunaan Domain unpad.ac.id

Layanan hosting hanya tersedia untuk penggunaan domain unpad.ac.id dan. Nama dagang, merek dagang, symbol, logo atau identitas lainnya diluar domain unpad.ac.id, termasuk link aktif ke domain .com , .tv, .biz, .net dan situs komersial lainnya, tidak diperbolehkan, kecuali mendapatkan izin tertulis dari Universitas Padjadjaran.

Identitas Pada Website

Universitas Padjadjaran terus untuk mempertahankan citra publik sebaik mungkin dalam bidang pelayanan akademik dan masyarakat, untuk itu semua website yang mempergunakan domain unpad.ac.id harus memperhatikan hal sebagai berikut :

  1. Untuk gambar yang efektif dan dikenali dan konsisten di semua media, aturan logo, identitas fakultas dapat di lihat pada halaman http://www.unpad.ac.id/universitas/identitas/
  2. Pada website fakultas harus menyertakan identitas logo universitas pada halaman utama.
  3. Menambahkan Link atau tautan ke halaman website utama dan website resmi Universitas Padjadjaran seperti : http://unpad.ac.id , http://paus.unpad.ac.id , http://students.unpad.ac.id, http://siat.unpad.ac.id.
  4. Mencantumkan informasi detail penanggung Jawab Website di halaman bawah website diantaranya : alamat fakultas/unit/lembaga, nomer telepon yang bisa dihubungi, alamat email dan Contact Person

Kebijakan Penggunaan Layanan Hosting dan Blog

Pendahuluan

Kebijakan Penggunaan Layanan Hosting dan Blog ini bertujuan untuk memberikan batasan yang jelas tentang hal-hal tidak diijinkan bagi Pengguna dalam penggunaan Layanan Hosting dan Blog UNPAD

Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan Hosting dan Blog UNPAD baik secara sengaja maupun tidak yang terkait dengan:

  1. Untuk kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia atau hukum yang berlaku di wilayah yang bersangkutan serta hukum Internasional.
  2. Membuat website yang sifatnya komersial termasuk mengiklankan produk dan jasa.
  3. Terdapat konten Pornografi, Perjudian, SARA, Penghinaan, Penistaan, dan kesusilaan umum
  4. Ponzy, Pyramid Scheme, Fraud, dan Penipuan
  5. Menyimpan software, video dan music yang memiliki hak cipta.
  6. Mengunakan server hosting untuk situs khusus video/audio streaming, situs image hosting, ataupun situs khusus upload dan download file, situs porno, situs perjudian atau sejenisnya.
  7. Bit Torrent atau aplikasi Peer to Peer lain;
  8. Mendownload file menggunakan fasilitas hosting
  9. Menggunakan sumberdaya komputer hosting Universitas Padjadjaran , network atau account-nya untuk melakukan DDOS, port scanning, sniffing, dan exploit system, merusak jaringan keamanan pihak ketiga, atau secara langsung merusak keamanan situs sebuah organisasi/institusi maupun situs perorangan
  10. pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan Hosting dengan sumberdaya komputing (CPU, RAM, dan Penyimpanan) dengan berlebihan sehingga berpontesi mengganggu layanan terhadap pengguna lain. Terkait dengan penggunaan sumberdaya komputing di atas, DTSI berhak menghentikan layanan kepada pengguna untuk menjaga reliabilitas layanan kepada pengguna lain.
  11. Menyimpan file besar yang di simpan pada layanan hosting didesain untuk melayani halaman website, dan bukan sebagai penyedia server media ataupun penyedia situs download untuk mendistribusikan file.

Tanggung Jawab Pengguna Layanan Hosting

Pengguna yang telah disetujui permohonan pembuatan hosting bertanggung jawab penuh dengan isi materi dan pengelolaannya, jika Pengguna mewakili pihak lain dalam hal ini pengelola, operator dan mahasiswa, maka pihak tersebut juga dianggap bertanggung jawab.

Email

Fitur Email pada Layanan Hosting dan Blog UNPAD tidak diaktifkan, untuk transaksi email pengguna dapat menggunakan email yang telah disediakan oleh Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi.

Pelanggaran kebijakan

  1. Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi berhak melakukan penghentian layanan tanpa pemberitahuan sebelumnya dan menghapus akun apabila ditemukan pelanggaran penggunaan, masalah keamanaan system, atau aktifitas illegal termasuk mempublikasi material yang mengandung hak cipta orang lain.
  2. Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi berhak tidak bertanggungjawab terhadap kerugian material dan imaterial yang diderita oleh pengguna akibat kelalaian pengguna, peretasan, dan penghentian layanan atas alasan pelanggaran terhadap Kebijakan Penggunaan

Kebijakan Privasi

DTSI berkomitmen untuk melindungi data pengguna. Dengan menggunakan layanan kami, Anda dianggap telah menyetujui Kebijakan Privasi ini.

Jenis Data Tercatat

DTSI mencatat data yang berhubungan dengan pengguna melalui metode berikut :

  1. Metode pencatatan data otomatis seperti dan tidak terbatas pada www, alamat IP, cookies, dan lain-lain
  2. Registrasi online dan offline
  3. Korespondensi email
  4. Komunikasi online dan offline
  5. Sumber-sumber informasi dari pihak ketiga

Penggunaan Data

Jenis-jenis data diatas digunakan oleh DTSI untuk :

  1. Melakukan komunikasi dalam rangka penyediaan layanan
  2. Melakukan pertanggungjawaban akan penyediaan layanan baik kepada pengguna bersangkutan maupun pihak penegak hukum
  3. Mengakui sebagai salah satu aset tak berwujud

Keamanan Data

DTSI Indonesia berusaha sebaik-baiknya untuk menjaga data pengguna dari pihak-pihak yang tidak berwenang untuk mendapatkan data tersebut, kecuali untuk melakukan hal-hal yang tersebut pada Penggunaan Data.

Batasan Kerahasiaan Data

Data dianggap bukan data rahasia dan DTSI dibebaskan dari kewajiban untuk melindunginya apabila data telah menjadi bagian dari domain publik dan diketahui secara umum .

Perjanjian Layanan Hosting

1. Definisi Layanan

  1. Layanan Hosting adalah layanan penyimpanan data website Pengguna di server DTSI agar dapat diakses dari internet.
  2. Fitur – fitur yang ada di dalam Layanan Hosting DTSI terdapat pada halaman Fitur

2. Hak dan Kewajiban Pengguna

  1. Pengguna berhak untuk mendapatkan Layanan Hosting dengan fitur – fitur sesuai dengan spesifikasi server yang digunakan seperti tertera dalam halaman Fitur.
  2. Pengguna berhak untuk mendapatkan dukungan Pengguna dalam batasan yang telah ditentukan oleh DTSI yang terdapat pada halaman Perjanjian Umum.
  3. Pengguna wajib mematuhi Kebijakan Penggunaan Layanan.

3. Hak dan Kewajiban DTSI

  1. DTSI wajib memberikan hak akses terhadap Layanan Hosting yang digunakan Pengguna melalui Control Panel dan FTP.
  2. DTSI wajib memberikan jaminan Layanan Hosting seperti tercantum dalam bagian Jaminan Layanan.
  3. DTSI berhak untuk melakukan perubahan fitur-fitur yang ada dalam Layanan Hosting DTSI yang tertera pada Fitur tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  4. DTSI berhak untuk melihat isi dan melakukan tindakan penghapusan atau tindakan lain terhadap isi website apabila diketahui melanggar Kebijakan Penggunaan.

4. Jaminan Layanan

  1. Jaminan Koneksi Internet
    1. DTSI memberikan jaminan konektivitas internet pada Layanan Hosting sebesar 99% per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.
    2. Kegagalan terhadap penyediaan konektivitas internet oleh DTSI pada Layanan Hosting akibat gangguan jaringan dapat mengirimkan keluhan kepada email support@unpad.ac.id atau datang langsung ke bagian infrastrukur DTSI apabila berlangsung melebihi batas 1% dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, tidak termasuk akumulasi dari gangguan yang terjadi dibawah 1%.
  2. Jaminan Uptime Server
    1. DTSI memberikan jaminan uptime server sebesar 90% uptime per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.
    2. Untuk menjaga performance server, DTSI dapat melakukan maintenance rutin dengan konsekuensi reboot server yang mengakibatkan tidak dapat diaksesnya Layanan Hosting selama beberapa menit tanpa diumumkan terlebih dahulu. Downtime akibat maintenance ini tidak diperhitungkan dalam Jaminan Uptime Server.
    3. Kegagalan terhadap penyediaan uptime server oleh DTSI dapat mengirimkan keluhan kepada email support@unpad.ac.id atau datang langsung ke bagian infrastrukur DTSI apabila berlangsung melebihi batas 10% dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, tidak termasuk akumulasi dari gangguan yang terjadi dibawah 10%.
  3. Jaminan Keamanan Data
    1. DTSI memberikan jaminan keamanan data Pengguna meliputi data file web dan data lain di dalam folder hosting Pengguna, database sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh Pengguna sendiri. Kelalaian Pengguna tersebut di antaranya dan tidak terbatas pada hal-hal tersebut dibawah ini :
      1. Pencurian otorisasi akses pada Layanan Hosting akibat ketidakamanan perangkat dan atau perbuatan Pengguna sendiri. Ketidakamanan perangkat Perlanggan meliputi dan tidak terbatas pada adanya worm, virus, keylogger pada komputer Pengguna, atau karena Pengguna mengakses dari perangkat akses publik yang tidak aman;
      2. Memiliki file atau direktori dengan permission all read write (mode 777) pada folder hosting Pengguna;
      3. Memiliki script yang beresiko keamanan atau secara umum telah diketahui sebagai bug;
      4. Memberikan otorisasi akses pada Layanan Hosting kepada orang lain;
    2. DTSI memberikan jaminan untuk melakukan backup data dalam Layanan Hosting yang digunakan Pengguna satu minggu sekali pada hari tertentu;
    3. Jumlah backup yang disimpan oleh DTSI adalah satu set backup dimana artinya terkait dengan periode backup mingguan, Pengguna hanya bisa melakukan restore data yang dibackup pada rentang 4 minggu sebelumnya;
  4. DTSI berhak untuk melihat isi dan melakukan tindakan penghapusan atau tindakan lain terhadap isi website apabila diketahui melanggar Kebijakan Penggunaan.

5. Penghentian dan Penghapusan Layanan

  1. Sesuai dengan Perjanjian Umum, DTSI berhak melakukan penghentian layanan baik yang bersifat permanen maupun sementara tanpa kewajiban bagi DTSI untuk mengganti kerugian material dan imaterial di sisi Pengguna yang terjadi akibat penghentian layanan tersebut apabila diketahui Pengguna melakukan pelanggaran terhadap Perjanjian, Perjanjian Layanan, dan Kebijakan Layanan.
  2. Layanan akan disuspend (dihentikan sementara) apabila Pengguna selama 3 bulan tidak melakukan aktifitas pembaharuan terhadap website.
  3. Layanan Hosting termasuk didalamnya data milik Pengguna dan data backup akan dihapus dari server DTSI apabila dalam satu tahun Pengguna tidak mengakses atau memperbaharui website.
  4. Apabila Pengguna ingin mengaktifkan kembali Layanan Hosting yang telah dimiliki sebelumnya dan DTSI masih memiliki backup terhadap file-file Pengguna dalam Layanan Hosting sebelumnya maka Pengguna dapat meminta DTSI untuk melakukan restore data.

Perjanjian Umum

Subyek Perjanjian / Subject of Agreement

  1. Perjanjian ini berlaku antara Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi yang mana selanjutnya disebut sebagai DTSI dan pengguna layanan DTSI yakni orang yang melakukan permohonan layanan dan atau menggunakan layanan DTSI yang mana selanjutnya disebut sebagai Pengguna.
  2. Pengguna dianggap telah memenuhi syarat untuk menyetujui perjanjian ini.
  3. Jika Pengguna mewakili pihak lain, maka pihak lain tersebut juga dianggap menyetujui perjanjian ini.

Masa Berlaku Perjanjian / Validity of Agreement

  1. Perjanjian ini mulai berlaku sejak Pengguna melakukan permohonan layanan kepada DTSI hingga Pengguna memutuskan untuk berhenti menggunakan layanan DTSI.
  2. Masa berlaku perjanjian tidak membebaskan orang yang pernah menjadi Pengguna atas konsekuensi terhadap penggunaan layanan DTSI yang melanggar peraturan dan perundang-undangan di Republik Indonesia.

Perjanjian Layanan / Service Agreement

Dalam hal penggunaan layanan DTSI Indonesia, Pengguna dianggap telah membaca dan menyetujui Perjanjian Layanan yang sesuai dengan layanan yang digunakan yakni sebagai berikut:

  1. Perjanjian Layanan Hosting
  2. Perjanjian Layanan Domain

Kebijakan Layanan

Dalam hal penggunaan layanan DTSI Indonesia, Pengguna dianggap telah membaca dan menyetujui Kebijakan Layanan sebagai berikut :

  1. Kebijakan Penggunaan Layanan Hosting

Hak dan Kewajiban Pengguna

  1. Pengguna berhak untuk mendapatkan layanan dukungan pengguna yang akan membantu Pengguna dalam menggunakan layanan DTSI. Bentuk komunikasi yang digunakan dalam dukungan Pengguna tersebut adalah :
    1. Email
    2. Layanan Terpadu
  2. Pengguna berhak mendapatkan akses ke Portal Pengguna atau cPanel, yakni halaman website yang berisi tentang informasi layanan DTSI yang digunakan Pengguna.
  3. Pengguna wajib tunduk kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
  4. Pengguna wajib tunduk kepada peraturan terkait dengan layanan DTSI.
  5. Pengguna wajib untuk selalu mengupdate Data Pengguna dengan data terkini yang valid. DTSI tidak bertanggungjawab atas terganggunya layanan DTSI yang digunakan Pengguna akibat Data Pengguna yang tidak valid. Data Pengguna yang dimaksud di atas meliputi:
    1. Alamat email;
    2. Nama lengkap;
    3. Unit Kerja;
    4. Nama Penanggung Jawab Website;
    5. Nama Operator Website;
    6. Nomor selular / handphone;

Dukungan Pengguna

  1. Dukungan Pengguna adalah tindakan yang dilakukan DTSI untuk membantu Pengguna apabila mengalami kesulitan dengan layanan DTSI yang digunakan;
  2. Jam kerja dukungan pengguna Mulai jam 08:00 – 15:00 setiap hari senin – jumat, tidak termasuk libur nasional
  3. Dukungan Pengguna oleh DTSI yang dimaksud di atas memiliki batasan sebagai berikut:
    1. Dukungan Pengguna dalam hal Pengguna mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan DTSI;
    2. Dukungan Pengguna dalam hal terjadi kendala teknis di sisi DTSI yang menyebabkan terganggunya layanan;
  4. Dukungan Pengguna oleh DTSI tidak mencakup hal-hal dibawah ini:
    1. Terganggunya layanan akibat gangguan yang terjadi pada pihak ketiga seperti misalnya dan tidak terbatas pada gangguan di sisi ISP yang digunakan Pengguna;
    2. Terganggunya layanan karena kesalahan di sisi Pengguna seperti misalkan :
      1. Scripting Pengguna yang salah, tidak optimal, dan atau tidak aman yang menyebabkan tidak bisa diaksesnya layanan atau layanan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. DTSI tidak bertanggung jawab untuk melakukan pembetulan terhadap hal di atas;
      2. Terjadinya kebocoran informasi rahasia di sisi Pengguna, termasuk bocornya informasi login Pengguna;
      3. Tersusupinya website Pengguna baik disengaja maupun tidak disengaja dengan hal-hal yang dilarang pada pada Kebijakan Penggunaan;

Perubahan Perjanjian

  1. DTSI berhak melakukan perubahan isi perjanjian secara sepihak tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  2. Pengguna menyetujui setiap perubahan isi perjanjian yang dilakukan sepihak oleh DTSI

Pelanggaran dan Sanksi

Dalam hal terjadi pelanggaran atas Perjanjian ini, termasuk didalamnya pelanggaran terhadap Perjanjian Layanan dan Kebijakan Layanan yang dilakukan oleh Pengguna, maka DTSI berhak melakukan penghentian layanan baik yang bersifat permanen maupun sementara tanpa kewajiban bagi DTSI untuk mengganti kerugian material dan imaterial di sisi Pengguna yang terjadi akibat penghentian layanan tersebut.

Sangkalan / Disclaimer

Pengguna maupun pihak lain tidak dapat menuntut ganti rugi atas kerugian yang diderita yang terkait dengan layanan DTSI yang digunakan oleh Pengguna.

DTSI tidak bertanggungjawab atas pelanggaran hukum yang dilakukan Pengguna menggunakan layanan DTSI.

Penyelesaian Perselisihan

Perselisihan yang terjadi akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat.

Fitur

Fasilitas Hosting

  1. FTP Accounts, untuk mengelola akun FTP
  2. MyWebSQL, untuk membuat dan mengelola database berbasis web browse

PHP & MySQL Terbaru

Seluruh server kami mensupport penggunaan PHP 5.2.x dan 5.3.x (soon), serta menggunakan MySQL 5.1.x. Dijalankan dalam mode fastcgi, script PHP akan lebih cepat dijalankan, lebih reliable dalam beban tinggi, dan lebih aman.

Technical Specification

  1. 500MB Kapasitas Penyimpanan
  2. 1 Akun FTP
  3. Mysql 3 Databases
Software Specification
  1. Apache
  2. MySQL 5 (MyISAM)
  3. Automatic Firewall
  4. FTP Account & Secure FTP Ready
Resource Specification
  1. 16 Core CPU
  2. Unlimited Virtual Memory
  3. 24GB Phisical Memory
  4. 500MB Kapasitas Penyimpanan
  5. 1 Akun FTP
  6. 5 Mysql Databases

Definisi

Apache Server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Automatic Firewall Aplikasi yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.

Battery Backup Unit Perangkat Battery cadangan seperti UPS untuk menjaga agar server tetap menyala saat terjadi gangguan listrik

CPU Komponen yang fungsinya untuk memproses suatu skrip yang dijalankan masing-masing user

Entry Process Banyaknya proses skrip user yang dapat berjalan dalam satu waktu

File Counts Hard Banyaknya file yang disimpan didalam akun hosting, jika mencapai maksimal maka Hosting perlu diupgrade ke Hosting dengan File Counts lebih besar.

FTP Account Akun yang digunakan untuk mentransfer data dari atau ke hosting menggunakan Software FTP seperti filezilla dan cuteFTP

I/O (Input Output) Maximum Besarnya proses input output pada perangkat keras server dalam hitungan detik

Ioncube Loader Aplikasi seperti zend optimizer yang juga digunakan untuk memproteksi sebuah file php untuk menghindari dari pembajakan skrip

Max Memory execution Besarnya PHP Memory maksimal yang dapat di gunakan oleh satu skrip pemrograman PHP dalam satu kali proses,semakin kompleksskrip pemograman PHP yang dibuat maka semakin besar PHP Memory yang dibutuhkan

Memory RAM Penyimpanan data yang hendak diproses oleh CPU,skrip masing-masing user yang sedang atau akan diproses akan disimpan dalam komponen ini sampaiskrip selesai diproses

MyISAM Storage engine yang sering digunakan dalam website, data warehouse, dan model aplikasi lainnya. MyISAM adalah tipe defaultstorage engine dalam MySQL

MySQL 5 Sebuah software untuk manajemen database berjenis SQL

Sistem Informasi Akademik Terpadu

  1. SIAT Level Sinfor Pusat (lihat pdf)
  2. SIAT Level Sinfor Kasubag (lihat pdf)
  3. Petunjuk Upload Nilai Level Dosen (lihat pdf)
  4. Petunjuk Bimbingan dan Ujian (lihat pdf)
  5. Panduan Kinerja Dosen (lihat pdf)
  6. Panduan SIAT RPM (lihat pdf)
  7. Panduan SIAT Agenda (lihat pdf)
  8. Panduan SIAT E-OFFICE Kepanitian (lihat pdf)
  9. Panduan Pengisian SKP (lihat pdf)
  10. Panduan Penggunaan SKP dan Logbook (lihat pdf)
  11. Panduan Penggunaan Portal Mahasiswa (lihat pdf)

Unpad Self Service

Modul Self Service akan memudahkan kita melakukan proses yang biasanya dilakukan karyawan (seperti melakukan cuti, lembur, melihat data pribadi karyawan, pencatatan data penghargaan, training, dll), hal ini dapat dilakukan secara realtime karena data masing-masing karyawan sudah terpusat dan terintegrasi pada Oracle HR Core.

Download Modul Self Service di sini

Frequently Asked Questions

Konten menyusul...